SILVIA WAHYUNI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DILENGKAPI MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP MOL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 11 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1.COVER_2018105PK.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
2.PENGESAHAN_2018105PK.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
3.ABSTRAK_2018105PK.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
4.PENGHARGAAN_2018105PK.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
5.DAFTAR ISI_2018105PK.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6.BAB I_2018105PK.pdf Download (590kB) | Preview |
|
|
Text
7.BAB II_2018105PK.pdf Download (771kB) | Preview |
|
|
Text
8.BAB III_2018105PK.pdf Download (598kB) | Preview |
|
Text
9.BAB IV_2018105PK.pdf Restricted to Registered users only Download (858kB) |
||
|
Text
10.BAB V_2018105PK.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11.DAFTAR PUSTAKA_2018105PK.pdf Download (396kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dilengkapi Modul terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi konsep mol di SMA Negeri 11 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel terdiri dari dua kelas yang pengambilannya menggunakan teknik Simple Purposive Sampling diperoleh kelas X IIS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XIIS1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, tes data awal yaitu uji homogenitas dan tes data akhir yaitu Pretest dan Posttest serta dokumentasi yang digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas ekperimen adalah 82,22 sedangkan kelas kontrol adalah 77,29. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji tes “t”, maka diperoleh thitung adalah 1,9 sementara ttabel adalah 2,0 dengan taraf signifikan 0,05. Nilai thitung> ttabel,sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dilengkapi Modul terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep mol di SMA Negeri 11 Pekanbaru, dengan koefisien pengaruh (Kp) sebesar 7%. Hasil penelitian dapat disimpulkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dilengkapi Modul terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep mol di SMA Negeri 11 Pekanbaru. Kata Kunci: Problem Based Learning, Modul, Hasil Belajar, Konsep Mol.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 25 Mar 2019 01:12 |
Last Modified: | 25 Mar 2019 01:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12364 |
Actions (login required)
View Item |