HERMAITRIYANA (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 01 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_201892PMT.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_201892PMT.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_201892PMT.pdf Download (739kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_201892PMT.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_201892PMT.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_201892PMT.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_201892PMT.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_201892PMT.pdf Download (549kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_201892PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) |
||
|
Text
10. BAB V_201892PMT.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201892PMT.pdf Download (356kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh kebutuhan siswa dalam pembelajaran menggunakan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) yang dapat menuntun siswa dalam menemukan penalaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LAS berbasis model Quantum Teaching yang valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bilangan bulat. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE). Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Kampar. Subyek penelitian adalah para ahli materi dan ahli teknologi yang terdiri dari dosen dan guru serta 6 siswa untuk uji kelompok kecil dan 28 siswa untuk uji kelompok terbatas. Objek penelitian adalah LAS berbasis model Quantum Teaching. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas oleh para ahli yang digunakan untuk mengetahui validitas LAS, angket uji praktikalitas oleh siswa untuk mengetahui praktikalitas LAS dan soal tes untuk mengetahui tingkat kemampuan penalaran matematika siswa setelah menggunakan LAS. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LAS yang dikembangkan tergolong kriteria sangat valid dengan persentase 83,35% dan tergolong kriteria sangat praktis dengan persentase 84,3% untuk kelompok kecil dan 90,9% untuk kelompok terbatas. Selanjutnya tingkat kemampuan penalaran matematika siswa setelah menggunakan LAS termasuk kriteria tinggi dengan persentase 83,4%. Hal tersebut menunjukkan bahwa LAS berbasis Quantum Teaching ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan penalaran matematika siswa. Kata Kunci: LAS, Quantum Teaching, Penalaran Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 08:41 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 08:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12340 |
Actions (login required)
View Item |