EDEFRIZAL (2018) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL KIMIA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN MADRASAH ALIYAH KECAMATAN TEBINGTINGGI TIMUR KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_201881PK.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_201881PK.pdf Download (555kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_201881PK.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_201881PK.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_201881PK.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_201881PK.pdf Download (677kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_201881PK.pdf Download (806kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_201881PK.pdf Download (574kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_201881PK.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) |
||
|
Text
10. BAB V_201881PK.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201881PK.pdf Download (390kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal ujian semester ganjil kimia kelas X Tahun Ajaran 2015/2016 ditinjau dari aspek kualitatif dan aspek kuantitatif serta untuk mengetahui kesesuaian soal ditinjau dari distribusiranah kognitif taksonomi bloom. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptifkualitatif kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dandokumentasi. Sumber data yang digunakan berupa soal ujian semester ganjilbentuk pilihan ganda, lembar jawaban siswa, kunci jawaban, kisi-kisi soal, RPPdan silabus. Analisis kualitatif dari aspek materi, konstruksi dan bahasa dilakukanoleh validator. Berdasarkan analisis kualitatif dari 40 soal SMA dan 40 soal MA yang ditelaah didapatkan secara berturut-turut adalah: yang tidak sesuai dengan kriteria aspek materi yaitu nomor 38 dan 30, sedangkan yang tidak sesuai dengan kriteria aspek konsrtuksi yaitu nomor 7, 8, 12, 38 dan 24, 25, 26, 36, 38, 39.Berdasarkan analisis kuantitatif dari soal SMA dan MA yang ditelaah didapatkan secara berturut-turut adalah 50% dan 37,5% soal dinyatakan valid secara validitasbutir soal, memiliki reliabilitas sebesar 0,5227 dan 0,8853. Dari tingkat kesukaran terdapat 25% soal berkategori mudah, 75% soal berkategori sedang dan 50% soalberkategori mudah, 50% soal berkategori sedang. Dari daya pembeda soal didapat 2,5% soal berkategori baik, 22,5% soal berkategori cukup, 72,5% soal berkategorijelek serta 2,5% soal berkategori sangat jelek dan 35% soal berkategori baik, 40% soal berkategori cukup serta 25% soal berkategori jelek. Dari fungsi distraktor terdapat 44,375% pengecoh berfungsi sangat baik, 38,75% pengecoh berfungsi baik, 10,625% pengecoh berfungsi kurang baik serta 6,25% pengecoh berfungsijelek dan 63,125% pengecoh berfungsi sangat baik, 31,875% pengecoh berfungsi baik, 3,75% pengecoh berfungsi kurang baik serta 1,25% pengecoh berfungsi jelek. Dari segi distribusi jenjang ranah kognitif terdapat perbandinganC1:C2:C3:C4 secara berturut-turut adalah 15%:50%:27,5%:7,5% dan17,5%:52,5%25%:5%. Kata kunci: Analisis Butir Soal, Analisa Kualitatif, Analisa Kuantitatif, kimia
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 03:01 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 03:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12296 |
Actions (login required)
View Item |