ANITA SHERLY OKTAVIA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 2 KECAMATAN SUKAJADI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_201857PGMI.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_201857PGMI.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_201857PGMI.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_201857PGMI.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_201857PGMI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_201857PGMI.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_201857PGMI.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_201857PGMI.pdf Download (468kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_201857PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (915kB) |
||
|
Text
10. BAB V_201857PGMI.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201857PGMI.pdf Download (382kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Kecamatan Sukajadi Pekanbaru.Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa dalam belajar diantaranya, siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan guru, tidak mau bertanya ketika proses pembelajaran berlangsung dan hanya sebagian siswa yang tidak membuat catatan penting tentang materi yang telah dijelaskan oleh guru. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray dan keaktifan belajar. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus setiap siklus 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, dan teknik dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan rata-rata persentase 50,54% setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 61,15%. Pada siklus II meningkat menjadi 80,09%. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif two stay two stray dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Kooperatif Two Stay Two Stray, Pendidikan Kewarganegaraan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Mar 2019 02:53 |
Last Modified: | 21 Mar 2019 02:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12238 |
Actions (login required)
View Item |