RITA DASMA YANTI (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (664kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (22kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih tergolong rendah sehingga hasil belajar siswa masih rendah dan belum adanya metode yang mengatasi permasalahan dalam mengaktifkan siswa yang tidak bekerjasama dengan orang lain, siswa yang agresif dan tidak peduli pada orang lain adalah metode Discovery Learning yang menjadikan siswa lebih aktif dan menggabungkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang sudah ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar menggunakan metode Discovery Learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemampuan awal siswa SMP Negeri 35 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Sampling. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varians untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t dan uji ANOVA untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan metode Discovery Learning dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. 2) Tidak terdapat interaksi antara metode Discovery Learning yang ditinjau dari kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Dengan demikian secara umum metode Discovery Learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika yang ditinjau dari kemampuan awal siswa SMP Negeri 35 Pekanbaru. Kata Kunci : Metode Discovery Learning, Pemecahan Masalah Matematika, Kemampuan Awal
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 19 Mar 2019 02:44 |
Last Modified: | 19 Mar 2019 02:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12163 |
Actions (login required)
View Item |