RICA MAYA SARI (2018) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (593kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi REACT terhadap kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pinggir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pinggir tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen kelas VII-6 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa setiap masing-masing kelas. Teknik analisis data menggunakan uji-t, uji korelasi (pearson product moment) dan anova dua arah (two Factorial design). Instrument yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan penalaran matematis siswa. Hasil penelitian menunujukkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Strategi REACT terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil nya di peroleh bahwa pada taraf signifikan 5% diperoleh. Tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang hasil nya di peroleh pada taraf signifikan 5% yakni. Adapun besar kontribusi kemampuan awal terhadap kemampuan penalaran adalah dan sisanya di tentukan oleh faktor lain. Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Dengan demikian secara umum strategi pembelajaran REACT berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pinggir. Kata Kunci : REACT, Kemampuan Penalaran Matematis, Kemampuan Awal Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 18 Mar 2019 08:11 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 06:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12160 |
Actions (login required)
View Item |