KRISNO BUDI PRASETYO (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 TAPUNG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1.COVER.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
2.PENGESAHAN.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
3.ABSTRAK.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
4.PENGHARGAAN.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
5.DAFTAR ISI.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
6.BAB I.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
7.BAB II.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
8.BAB III.pdf Download (559kB) | Preview |
|
Text
9.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
||
|
Text
10.BAB V.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
11.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan pendekatan Problem Based Learning (PBL) Terhadap kemampuan koneksi matematis jika ditinjau dari kemampuan awal siswa SMPN 8 TAPUNG. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 8 TAPUNG tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 399 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII, dengan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan PBL dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan instrument tes. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh: 1) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan PBL dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung; 2) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan awal tinggi yang diajar dengan pendekatan PBL dengan siswa berkemampuan awal tinggi yang diajar dengan pembelajaran langsung; 3) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan awal sedang yang diajar dengan pendekatan PBL antara siswa berkemampuan awal sedang yang diajar dengan pembelajaran langsung; 4) Tidak terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan awal rendah yang diajar dengan pendekatan PBL antara siswa berkemampuan awal rendah yang diajar dengan pembelajaran langsung; 5) Tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal siswa terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Secara umum diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang diterapkan pendekatan PBL dan siswa yang diterapkan pembelajaran langsung. Hasil nya di peroleh bahwa pada taraf signifikan 5% diperoleh. Dari perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan PBL berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMPN 8 TAPUNG. Kata kunci : problem based learning, kemampuan koneksi matematis, kemampuan awal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 18 Mar 2019 07:46 |
Last Modified: | 18 Mar 2019 07:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12156 |
Actions (login required)
View Item |