Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI PEKANBARU

MAIRISHA ULFHANNY (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (450kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa sering mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal kemampuan pemecahan masalah matematis sehingga berdampak pada hasil pencapaian belajar matematika siswa yang masih rendah dan belum adanya model pembelajaran yang dapat menangani permasalahan mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Salah satu upaya untuk membekali siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang menjadikan siswa lebih mudah membahasakan masalah matematika kedalam bahasa yang dapat mereka pahami. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung jika ditinjau berdasarkan kemampuan awal pada siswa SMP di Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP di Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 4 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling . Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus Mann Whitney (UTest) untuk mengetahui hasil penelitian dan anova dua arah untuk melihat interaksi siswa. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung, 2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yang ditinjau berdasarkan kemampuan awal siswa. Secara umum, model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yang ditinjau berdasarkan kemampuan awal siswa SMP di Pekanbaru. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 18 Mar 2019 07:02
Last Modified: 18 Mar 2019 07:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12153

Actions (login required)

View Item View Item