NORA NOVITA (2018) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1.COVER.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
2.PENGESAHAN.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
3.ABSTRAK.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
4.PENGHARGAAN.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
5.DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
6.BAB I.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
7.BAB II.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
8.BAB III.pdf Download (486kB) | Preview |
|
Text
9.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
||
|
Text
10.BAB V.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
11.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemampuan awal pada siswa SMP Negeri 3 XIII Koto Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Teknis analisis data yang digunakan peneliti yaitu tes”t”, korelasi (Product Moment) dan anova dua arah (two Fctorial design). Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan awal untuk mengukur kemampuan awal siswa dan tes uraian untuk mengukur pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. (2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3) Terdapat kontribusi antara kemampuan awal dengan pemahaman konsep matematika siswa. (4) Tidak terdapat interaksi antara strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) yang ditinjau berdasarkan kemampuan awal terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Dengan demikian secara umum strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika yang ditinjau berdasarkan kemampuan awal pada siswa SMP Negeri 3 XIII Koto Kampar. Kata kunci : Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering), Pemahaman Konsep Matematika, Kemampuan Awal siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 18 Mar 2019 06:50 |
Last Modified: | 18 Mar 2019 06:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12152 |
Actions (login required)
View Item |