Ade Satria Warman (2010) ANALISIS PRILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK BAJAJ PADA PT. BAJAJ PERSADA NUSANTARA CABANG PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_2010385MEN.pdf Download (374kB) | Preview |
Abstract
Perilaku konsumen dapat mengambarkan bagaimana konsumen dalam membuat keputusan-keputusan dalam menggunakan atau membeli barang dan jasa. Perilaku konsumen sangat dipengaruhi oleh faktor dari dalam maupun dari luar konsumen tersebut. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli sepeda motor Bajaj pada PT. Bajaj Persada Nusantara Cabang Pekanbaru. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli sepeda motor Bajaj dan kebijakan perusahaan dibidang pemasaran yang diterapkan oleh PT. Bajaj Persada Nusantara Cabang Pekanbaru. PT. Bajaj Persada Nusantara Cabang Pekanbaru merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang otomotif, yang terus berkembang dan didukung oleh letak yang strategis. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini Diduga faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli sepeda motor Bajaj pada PT. Bajaj Persada Nusantara Cabang Pekanbaru adalah faktor pribadi, faktor psikologi, faktor sosial dan faktor kebudayaan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data data primer dan skunder yang dperoleh dari konsumen yang membeli sepeda motor Bajaj pada PT. Bajaj Persada Nusantara Cabang Pekanbaru yang dilakukan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner terhadap 93 orang konsumen. Analisis data yang digunakan adalah metode Regresi linier berganda6, yang didasarkan pada hubungan suatu variabel Independen dengan Variabel Dependen. Model Regresi linier sederhana Y = 0,066a + 0,121X1 + 0,132X2 + 0,537X3 + 0,419X4 + e Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa variabel faktor pribadi (0,121), faktor psikologi (0,132), faktor sosial (0,537) dan faktor kebudayaan (0,419) bernilai positif. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi nilai dari keempat variabel tersebut maka perilaku konsumen terhadap pembelian sepeda motor merek Bajaj akan semakin meningkat. Berdasarkan nilai koefisien determinasi R / square, diperoleh sebesar 0,661 atau sebesar 66,1%. Hal ini menunjukkan bahwa keempat variabel bebas secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap variabel terikat sebesar 66,1%, sedangkan sisanya 33,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti data penelitian ini. Kata kunci: Prilaku Konsumen, Pribadi, Sosial, Psikologis, Kebudayaan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 31 Oct 2017 08:15 |
Last Modified: | 31 Oct 2017 08:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11852 |
Actions (login required)
View Item |