Siti Fatimah (2011) Basic Function of Facebook Usa ge Frequency Difference in Relation to Extrovert and Introvert Personality Type on Faculty of Psychology UIN Suska Riau Student. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_201131.pdf Download (332kB) | Preview |
Abstract
Facebook merupakan salah satu perangkat komunikasi sosial yang populer dewasa ini. Facebook merupakan sebuah web berbasis layanan yang memungkinkan seseorang untuk membuat profil dan membaginya kepada pengguna yang lain. Facebook juga memungkinkan semua orang dari semua usia untuk memb angun sebuah pertemanan online dengan cara yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaa n penggunaan fungsi dasar Facebook ditinjau dari tipe kepribadian introvert d an ekstrovert. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa fakul tas Psikologi UIN Suska Riau angkatan 2006-2009. Subjek penelitian yang diambil adalah sebanyak 226 orang mahasiswa dengan tipe kepribadian introvert dan ek strovert. subjek penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket frekuens i penggunaan fungsi dasar Facebook dan Eysenck’s Personality Inventory (EPI). Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik independent sample t-test dengan menggunakan bantuan program SPSS 17.0 for Windows. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjuk kan bahwa terdapat perbedaan penggunaan fungsi dasar Facebook yang signifikan pa da mahasiswa ( F= 3.300, p=0.005), dimana mahasiswa dengan tipe kepribadian ekstrovert memiliki frekuensi yang lebih tinggi dalam menggunakan fungsi dasar Fa cebook dibanding dengan mahasiswa dengan tipe kepribadian introvert
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Industri dan Organisasi |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 16 Jan 2016 07:00 |
Last Modified: | 16 Jan 2016 07:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1184 |
Actions (login required)
View Item |