Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 30 SIAK

Irma Dita (2011) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 30 SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201130.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru dengan motivasi belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidak nya hubungan antara persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru dengan motivasi belajar siswa SMPN 30 SIAK. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap kompetens i profesional guru dengan motivasi belajar siswa SMPN 30 SIAK (TA 2010-2011) yang berjumlah 300 orang dan diambil sampel sebanyak 150 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling . Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan daerah p opulasi yang telah ditetapkan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa skala yaitu skala persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru dan skala motivasi belajar yang mengacu pada model skala likert dengan menggunakan lima alternatif jawaban. Hasil penelitian kemudian diolah dengan me nggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas untuk var iabel persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru diperoleh vali ditas sebesar 0,305-0,533 dengan reliabilitas 0,861, sedangkan untuk variabel motivasi belajar diperoleh validitas sebesar 0,312-0,508 dengan reliabilitas 0 ,843. Koefisien determinan (Rsq) dari penelitian ini sebe sar 0,268 berarti sumbangan persepsi siswa terhadap kompetensi profes ional guru terhadap motivasi belajar sebesar 26,8% dan berdasarkan has il analisis data maka diperoleh koefisien korelasi antara persepsi siswa terhadap kompetensi profesional guru dengan motivasi belajar sebesar 0, 518 pada taraf signifikan 0,01. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diteri ma, yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap komp etensi profesional guru dengan motivasi belajar siswa SMPN 30 SIAK

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 155 Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan
Divisions: Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Perkembangan Pendidikan
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 16 Jan 2016 06:57
Last Modified: 16 Jan 2016 06:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1183

Actions (login required)

View Item View Item