Edi Sutrisno (2010) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI SEPEDA MOTOR MERK YAMAHA PADA PT.ALFA SCORPII DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_2010313MEN.pdf Download (561kB) | Preview |
Abstract
Dalam melakukan pembelian seorang konsumen tidak saja dapat melihat dari penampilan dan bentuk fisik suatu produk tetapi juga melihat pelayanan dalam penjualan produk yang ditawarkan tersebut. Selain itu juga merek juga sering dijadikan pertimbangan khusus bagi para konsumen, disamping faktor-faktor lain yang dapat memuaskan kebutuhan dan kepentingan konsumen tersebut. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apakah yang mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam membeli Sepeda Motor Merk Yamaha pada PT.Alfa Scorpii di Pekanbaru dan faktor manakah yang berpengaruh dominan terhadap perilaku konsumen dalam membeli sepeda motor merk yamaha pada PT.Alfa Scorpii di Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli sepeda motor merk Yamaha pada PT.Alfa Scorpii di Pekanbaru pada tahun 2008 sebanyak 1725 orang konsumen (pembeli). teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling yaitu pengambilan sampel anggota populasi di lakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Berdasarkan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10 %, maka didapat jumlah sampel 100 responden. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode kuesioner (angket) dan metode dokumentasi. Untuk metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat Kesimpulan hasil penelitian bahwa faktor budaya, sosial, pribadi dan kejiwaan secara serempak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel tergantung yaitu perilaku konsumen dalam membeli sepeda motor merk Yamaha pada PT. Alfa Scorpii di Pekanbaru yakni diperoleh nilai F hitung adalah sebesar 41.259 dengan hasil signifikasinya sebesar 0,000, sedangkan degree of freedom pada angka 4 dan 95 dalam tabel F tabel diperoleh nilai sebesar 2,47 sehingga nilai F hitung sebesar 41.259 > nilai F tabel = 2,47 (signifikan). Berdasarkan uji parsial bahwa faktor kepribadian dan faktor kejiwaan berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam membeli sepeda motor merk Yamaha, sedangkan faktor budaya dan sosial tidak mempunyai pengaruh. Penulis menyarankan agar PT. Alfa Scorpii mulai kreatif dalam menciptakan dan memperhatikan detail-detai kecil baik dalam produk sepeda motor merk Yamaha ataupun kualitas pelayanan agar konsumen mendapatkan lebih dari yang diharapkan dan PT. Alfa Scorpii dapat terus meningkatkan promosi yang ada dari berbagai promosi yang dilakukan baik dari media cetak atau elektronik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 31 Oct 2017 07:22 |
Last Modified: | 31 Oct 2017 07:22 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11823 |
Actions (login required)
View Item |