Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Dewi Anggraini (2011) PERAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201104.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mengkaji dan mempelaja ri peran disiplin belajar terhadap prestasi belajar. Disiplin belajar adalah mengikuti dan mentaati peraturan, nilai yang berlaku dalam usaha atau kegiatan belajar dengan mengadakan peru bahan dalam diri seseorang mencakup perubahan tingkah laku, sikap, kebiasaan, ilmu peng etahuan, keterampilan dan sebagainya untuk mencapai tujuan belajar. Disiplin belajar sangat be rperan penting untuk menghasilkan prestasi belajar yang tinggi karena disiplin belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Prestasi belajar kurang menggembirakan terjadi kare na kurangnya disiplin siswa dalam belajar. Prestasi belajar adalah hasil belajar yang dicapai siswa ketika mengikuti dan mengerjakan tugas dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Untuk mengatasi permasalahan hasil belajar yang ku rang menggembirakan ada beberapa strategi disiplin belajar di sekolah yaitu: 1. Prioritas Disiplin sekolah seharusnya menjadi prioritas dalam program sekolah. 2. Mulai dari hal kecil Disiplin sekolah harus mulai dilaksanakan dan dilak ukan dari hal-hal kecil. 3. Minta Dukungan Dalam pelaksanaan disiplin sekolah perlu mendapat d ukungan kuat dari berbagai pihak seperti guru, orang tua, dan para siswa sendiri. 4. Persetujuan Peraturan Sekolah yang telah disusun oleh pihak se kolah disetujui oleh siswa dan orang tua. 5. Konsisten dan Konsekuen Tata tertib yang sudah disampaikan kepada siswa dan orang tua beserta guru di sekolah harus dilaksanakan dengan baik. 6. Perjanjian. Bila ada siswa yang agak berat bobot pelanggaranya perlu dilakukan denga perjanjian di atas materai. Bila melanggar lagi harus mengundurkan dir i atau diminta keluar dari sekolah. 7. Tim Disiplin. Untuk merancang, melaksanakan, mengawasi, dan evalu asi kegiatan disiplin sekolah kepala sekolah perlu membentuk tim disiplin sekolah. 8. Guru BP dan wali kelas Siswa yang memiliki problem dalam dirinya dan kelua rganya dibimbing dengan melibatkan guru BP dan wali kelas 9. Motto Sekolah Sekolah dapat membuat motto berkenaan dengan peratu ran dan kebijakan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 155 Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan
Divisions: Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Perkembangan Pendidikan
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 16 Jan 2016 05:58
Last Modified: 16 Jan 2016 05:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item View Item