Bahruddin (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM BELANTA- RAYA KECAMATAN GAUNG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013187PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Islam Belantaraya Kecamatan Gaung Kabupaten Indragiri Hilir. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa variabel Y, dan penggunaan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing variabel X yang merupakan objek penelitian. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Juli - Agustus 2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus 1 dan siklus 2. Adapun peningkatan hasil belajar siswa secara keseluruhan dari sebelum tindakan, siklus 1 dan siklus 2 adalah sebelum tindakan rata-rata hasil belajar siswa 40% dengan klasifikasi “Kurang”, pada siklus 1 pertemuan 1 hasil belajar siswa tetap 60% dengan klasifikasi “Baik/Minimal”, pada siklus 1 pertemuan 2 hasil belajar siswa mengalami pengingkatan 75% dengan klasifikasi “Baik/Minimal”. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan 1 hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 100% dengan klasifikasi “Istimewa/Maksimal”. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan dalam proses pembelajaran melalui penerapan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Islam Belantaraya Kecamatan Gaung Kabupaten Indragiri Hilir dapat dikatakan berhasil sepenuhnya. Kelemahan- kelemahan melalui penerapan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada silkus 1 tersebut setelah diperbaiki pada siklus 2 telah mencapai tingkat baik sekali/optimal. Melalui perbaikan proses pembelajaran pada siklus 2 tersebut, hasil belajar siswa mencapai kriteria baik sekali/optimal, dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 85%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 23 Dec 2015 02:37 |
Last Modified: | 23 Dec 2015 02:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/116 |
Actions (login required)
View Item |