Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KOPING MAHASISWA KOS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DAN JENIS KELAMIN

Siti Sa'diah Syam (2010) STRATEGI KOPING MAHASISWA KOS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DAN JENIS KELAMIN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201042PSI.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa kos memerlukan strategi koping yang tepat ketika menghadapi berbagai persoalan. Strategi koping adalah cara yang dilakukan individu, dalam hal ini mahasiswa kos, untuk mengatasi, meminimalisir dan mentoleransi suatu permasalahan yang menimbulkan tekanan. Setiap mahasiswa kos memiliki strategi koping yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan strategi koping pada mahasiswa kos ditinjau dari tipe kepribadian dan jenis kelamin. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah ada perbedaan strategi koping mahasiswa kos ditinjau dari tipe kepribadian dan jenis kelamin. Subjek penelitian adalah 134 orang mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Riau. Teknik sampling yang digunakan adalah acidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala strategi koping dan questionare Eyesenck’s Personality Inventory (EPI). Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik Anava 2 Jalur (2-Ways ANOVA) dengan menggunakan bantuan komputer program Statistical Product and Service Solution (SPSS) 15.0 for Windows. Hasil analisis Anava 2 Jalur menunjukkan bahwa: “Tidak ada perbedaan strategi koping yang signifikan pada mahasiswa kos ditinjau dari tipe kepribadian dan jenis kelamin (F= 1,107;p= 0,295)”. Kata kunci: strategi koping, tipe kepribadian dan jenis kelamin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 09:05
Last Modified: 16 Oct 2017 09:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11595

Actions (login required)

View Item View Item