Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING PENCOCOKAN KARTU INDEKS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 049 BUKIT SEMBILAN KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Asmidar (2010) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING PENCOCOKAN KARTU INDEKS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 049 BUKIT SEMBILAN KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010366PGMI.pdf

Download (618kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains. Hal ini disebabkan sebagian besar siswa tidak mampu menjawab umpan balik yang diberikan guru tentang materi yang baru diajarkan, siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran, siswa kurang berani bertanya mengungkapkan kesulitan dalam belajar dan kurangnya kemampuan siswa dalam pengerjakan soal latihan yang diberikan guru. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan strategi active learning pencocokan kartu indeks dapat meningkatkan hasil belajar Sains pada materi sumber daya alam dan dampak terhadap lingkungan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 049 Bukit Sembilan Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Berhasilnya penerapan Strategi Active Learning Pencocokan Kartu Indeks pada mata pelajaran Sains, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Sains dari siklus I, dan siklus II. Pada siklus pertama ketuntasan hanya 18 orang siswa atau ketuntasan masih mencapai 64,29%, secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar siswa belum mencapai KKM yang telah ditetapkan sebesar 75%, secara individu masih ada sebagian siswa yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siwa mencapai 22 orang siswa atau dengan persentase 78,57%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui strategi active learning pencocokan kartu indeks dapat meningkatkan hasil belajar Sains pada materi sumber daya alam dan dampak pengambilan terhadap lingkungan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 049 Bukit Sembilan Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:21
Last Modified: 16 Oct 2017 05:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11551

Actions (login required)

View Item View Item