Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN TENTANG PENGALAMAN PRIBADI MELALUI METODE CLUSTERING MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SDN 041 PULAU BIRANDANG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Yelfianita (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN TENTANG PENGALAMAN PRIBADI MELALUI METODE CLUSTERING MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SDN 041 PULAU BIRANDANG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010328PGMI.pdf

Download (686kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis karangan pribadi, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu apakah melalui Metode Clustering dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan tentang pengalaman pribadi pada mata pelajaran Bahada Indonesia siswa kelas IV SDN 041 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 041 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, tahun pelajaran 2009 – 2010 dengan jumlah murid sebanyak 25 orang. Sedangkan yang menjadi Objek penelitian ini adalah (1) variabel kemampuan menulis karangan tentang pengalaman pribadi, (2) variabel penerapan metode Clustering. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata persentase kemampuan siswa pada sebelum tindakan mencapai persentase 55% dengan kategori “Kurang Mampu”, karena 55% berada pada rentang 40-55%. Setelah dilakukan tindakan melalui metode Clustering, kemampuan siswa meningkat dengan persentase 68% dengan kategori “Cukup Mampu” karena berada pada rentang 56-75%. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan siswa dalam menulis karangan tentang pengalaman pribadi melalui metode Clustering mengalami peningkatan yang cukup memuaskan dengan persentase 85% dengan kategori “Mampu” karena berada pada rentang 76-100%. Artinya kemampuan siswa kelas IV SDN 041 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Dalam Menulis Karangan Tentang Pengalaman Pribadi telah mencapai 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:12
Last Modified: 16 Oct 2017 05:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11544

Actions (login required)

View Item View Item