Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PENINGGALAN SEJARAH MELALUI STRATEGI INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SDN 043 ALAM PANJANG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Elfi Roza (2010) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PENINGGALAN SEJARAH MELALUI STRATEGI INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SDN 043 ALAM PANJANG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010120PGMI.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan penomena yang terjadi dilapangan pada siswa kelas IV SDN 043 Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. yaitu rendahnya motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi peninggalan sejarah, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan penerapan strategi inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi inkuiri dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Peninggalan sejarah siswa Kelas IV SDN 043 Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 043 Alam Panjang, Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan indikator motivasi belajar siswa selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa tingkat motivasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa berada pada klasifikasi “Rendah” dan siswa yang mencapai motivasi tinggi dalam belajar hanya mencapai 42,61% dari keseluruhan siswa, ternyata belum mencapai indikator yang diharapkan dalam penelitian ini, dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa meningkat pada klasifikasi “ Tinggi” dan siswa yang mempunyai motivasi tinggi dalam belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial telah mencapai 76,13% dari seluruh siswa. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Dengan menggunakan strategi Inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah pada bidang studi IPS Siswa Kelas IV SDN 043 Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar dapat di “Diterima” artinya apabila diterapkan strategi inkuiri secara tepat dan benar maka siswa akan menjadi lebih aktif dan pada gilirannya dapat meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 02:23
Last Modified: 16 Oct 2017 02:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11531

Actions (login required)

View Item View Item