Irma Yeni (2010) PENERAPAN METODE QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA MATERI BERBAGAI PENYEBAB PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK MURID KELAS IV B SD NEGERI 017 TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_201060PGMI.pdf Download (292kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar murid setelah mengikuti metode question student have, dan untuk mengetahui aktivitas guru serta murid dalam melaksanakan metode question student have. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode question student have dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik, murid kelas IV B SD Negeri 017 Tampan Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subyek dalam penelitian ini adalah murid kelas IV B SD Negeri 017 Tampan Pekanbaru dan objeknya adalah metode question student have untuk meningkatkan hasil belajar IPA murid. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tes, dokumentasi dan observasi, penulis memberikan tes setelah proses tindakan dilakukan pada tiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian analisis tindakan diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar murid mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu siklus I 6.55, kategori cukup, siklus II 7.65 kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode question student have dapat meningkatkan aktivitas guru dan murid serta meningkatkan hasil belajar IPA murid kelas IV B SD Negeri 017 Tampan Pekanbaru, dan metode question student have dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk Ilmu Pengetahuan Alam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 02:06 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 02:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11520 |
Actions (login required)
View Item |