Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI TEKNIK THINK-PAIR-SQUARE (TPS) DI KELAS IV SD NEGERI 032 LUBUK AGUNG KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR

Herma Yenis (2010) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI TEKNIK THINK-PAIR-SQUARE (TPS) DI KELAS IV SD NEGERI 032 LUBUK AGUNG KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201045PGMI.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 032 Lubuk Agung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar melalui Teknik Think Pair Square (TPS). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 032 Lubuk Agung Kecamatan XIII Koto Kampar tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika melalui teknik Think Pair Square (TPS) di Kelas IV SD Negeri 032 Lubuk Agung Kecamatan XIII Koto Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleki. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 032 Lubuk Agung Kecamatan XIII Koto Kampar. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase ketercapaian KKMnya 46%, sedangkan hasil belajar setelah tindakan (ulangan harian II) adalah 83%, dengan kategori keberhasilan 100% dari jumlah siswa, artinya seluruh siswa telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 75%). Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa melalui teknik Think Pair Square (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 032 Lubuk Agung Kecamatan XIII Koto Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:40
Last Modified: 16 Oct 2017 01:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11508

Actions (login required)

View Item View Item