Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BIMBINGAN KEISLAMAN TERHADAP AKHLAK SISWA PADA MADRASAH TSANAWIAH Al-FALAH DESA JATIBARU KECAMATAN BUNGARAYA KABUPATEN SIAK

Mastori (2010) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BIMBINGAN KEISLAMAN TERHADAP AKHLAK SISWA PADA MADRASAH TSANAWIAH Al-FALAH DESA JATIBARU KECAMATAN BUNGARAYA KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201083BPI.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “EFEKTIFITAS BIMBINGAN KEISLAMAN TERHADAP AKHLAK SISWA DI MTs AL-FALAH DESA JATI BARU KECAMATAN BUNGA RAYA KABUPATEN SIAK”. Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui keefektifan bimbingan keislaman di MTs Al-Falah desa Jati Baru kecamatan Bunga Raya kabupaten Siak, dimana siswa perlu dibimbing dan diberikan motifasi supaya hidupnya selaras dengan aturan Islam baik dilingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah proses bimbingan keislaman yang dilaksanakan di MTs Al-Falah desa Jati Baru kecamatan Bunga Raya kabupaten Siak telah efektif dan untuk mengetahui faktor penghambat pembimbing dalam membimbing siswa-siswi MTs Al-Falah desa Jati Baru kecamatan Bunga Raya kabupaten Siak. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pembimbing keislaman yang berjumlah tiga orang, yang masing-masing adalah pembantu kepala madrasah bidang kesiswaan, pembantu kepala madrasah bidang keagamaan dan guru BP. Alat dalam mengumpulkan data dalam penulisan ini adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa proses bimbingan keislaman yang dilaksanakan di MTs Al-Falah desa Jati Baru adalah berjalan dengan efektif dengan persentase 96,88%.Walau pun demikian, ada juga faktor-faktor yang bisa mempengaruhi ketidak berhasilan bimbingan keislaman adalah MTs Al-Falah tidak mempunyai tenaga pembimbing keislaman yang memiliki kredibelitas, baik dalam masalah ilmu keislaman maupun psikologi siswa.Metode yang digunakan tidak sesuai dengan kondisi psikologis siswa.Manajemen pelaksanaan bimbingan keislaman masih kurang terutama dalam menyusun program-program bimbingan. materi bimbingan tidak didesain sesuai dengan kebutuhan anak didik dan faktor penghambat lebih dominan daripada faktor pendukung dalam pelasaknaan bimbingan keislaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 04 Oct 2017 07:35
Last Modified: 04 Oct 2017 07:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11491

Actions (login required)

View Item View Item