Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PROGRAM BIDANG BIMBINGAN PRIBADI MELALUI LAYANAN INFORMASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 PEKANBARU

Linda (2010) IMPLEMENTASI PROGRAM BIDANG BIMBINGAN PRIBADI MELALUI LAYANAN INFORMASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010201KI.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana implementasi program bimbingan pribadi melelui layan informasi, (2) untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi implementasi program bidang bimbingan pribadi melalui layan informasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 5 orang guru pembimbing dan obyeknya adalah implementasi program bidang bimbingan pribadi melalui layanan informasi di SMP Negeri 20 Pekanbaru. Untk menmpulkan daa digunakan teknik wawancara, dan didukung dengan teknik dokuentasi. Data wawancara dianalisa dengan naratif kualitatif sedangkan data dokumentasi hanya dilampirkan untuk memperkuat data wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program bidang bimbingan pribadi melalui layanan informasi di SMP Negeri 20 Pekanbaru menempuh beberapa tahapan-tahapan yaitu (1) tahap perencanaan, guru pembimbing melakukan kegiatan dengan mengidentifikasi kebutuhan akan informasi terhadap objek layanan, menetapkan materi informasi layanan, menetapakan subyek layanan, menetapkan nara sumber, menentapkan prosedur, perangkat dan media layanan, menyiapkan kelengkapan administrasi. Kemudian pada (2) tahap pelaksanaan guru pembimbing melakuakan kegiatan yang mencakupi mengorganisasikan kegiatan layanan, mengaktifkan peseta layanan, mengoptimalkan penggunaan metode dan media. Pada (3) tahap evaluasi guru pembimbing melakukan kegiatan yang mencakupi menetapkan menetapkan materi evaluasi, menetapakan prosedur evaluasi sementara kegiatan menyusun instrumen evaluasi, mengaplikasikan instrumen dan mengolah hasil instrument tidak dilaksanakan oleh guru pembimbing. Guru pembimbing di SMP Negeri 20 Pekanbaru tidak melaksanakan (4) tahap analisis hasil evaluasi. Pada (5) tahap tindak lanjut guru pembimbing melakukan kegiatan yang mencakupi Menetapkan jenis dan arah tindak lanjut, mengkomunikasikan rencana tindak lanjut pihak terkait dan melaksanakan rencana tindak lanjut. Pada (6) tahap pelaporan guru pembimbing melakukan kegiatan menyusun laporan layanan informasi, menyampaikan laporan kepada pihak terkait dan mendokumentasikan laporan. implementasi program bidang bimbingan pribadi melalui layanan informasi di SMP Negeri 20 Pekanbaru dikatakan cukup baik, karena kegiatan pelaksanaan yang dilakukan sudah mendekati teori yang ada. Temuan mengenai Faktor apa yang mempengaruhi implementasi program bidang bimbingan pribadi melalui layanan informasi di SMP Negeri 20 Pekanbaru diantaranya; (1) tenaga, dimana jumlah guru pembimbing yang ada di tidak seimbang dengan jumlah siswa. (2) sarana, dimana alat-alat yang tersedia untuk pelaksanaan bimbingan konseling masih kurang seperti lemari inventaris dan alat-alat tes. (3) prasarana, yaitu masih kurangnya ruang bimbingan dan konseling kelompok. (4) suasana profesional, yaitu latar belakang pendidikan guru pembimbing yang pendidikan DIII nya tidak dari jurusan bimbingan konseling dan kemudian melanjutkan pendidikan SI nya di jurusan bimbingan konseling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 02 Oct 2017 04:25
Last Modified: 02 Oct 2017 04:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11435

Actions (login required)

View Item View Item