Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI FIRE-UP DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XB2 MA DAREL HIKMAH PEKANBARU

Umi Hafizah (2010) PENERAPAN STRATEGI FIRE-UP DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XB2 MA DAREL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010327PMT.pdf

Download (533kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas XB2 MA Darel Hikmah Pekanbaru melalui penerapan strategi FIRE-UP dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan strategi FIRE-UP dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD kelas XB2 MA Darel Hikmah Pekanbaru pada materi persamaan kuadrat?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu berkolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dengan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XB2 MA Darel Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 28 orang santi laki-laki pada semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 dan objeknya adalah penerapan strategi FIRE-UP dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik deskriptif dan teknik inferensial dengan tes ”t” untuk sampel kecil yang berkorelasi. Analisis dilakukan dengan menggunakan program SPSS for windows versi 16. Dari analisis data yang dilakukan mengenai penerapan strategi FIRE-UP dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh nilai t 0 = 5.009, yang berarti lebih besar dari harga t t (t0 tt) baik pada taraf signifikat 1% maupun 5% yaitu ( 5.009 2,05 dan 5.009 2,77 ) Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi FIRE-UP dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XB2 MA Darel Hikmah Pekanbaru . Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pertemuan sebelum tindakan adalah 52,8, sedangkan rata-rata setelah penerapan strategi FIRE-UP dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 63,5 pada siklus I dan 73,5 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Oct 2017 03:10
Last Modified: 02 Oct 2017 03:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11406

Actions (login required)

View Item View Item