Sri Wahyuni (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII.2 SMPN 17 SIAK KECAMATAN DAYUN KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_2010306PMT.pdf Download (437kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar metematika siswa kelas VIII.2 SMPN 17 Siak Kecamatan Dayun Kabupaten Siak setelah diterapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimana peningkatan motivasi belajar metematika siswa melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay pada siswa kelas VIII.2 SMPN 17 Siak Kecamatan Dayun Kabupaten Siak pada pokok bahasan garis singgung lingkaran?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 SMPN 17 Siak yang berjumlah 20 orang dan objek penelitian ini adalah Peningkatan Motivasi Belajar Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi belajar matematika, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan ada 4 kali yaitu satu kali pertemuan dengan tidak menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay dan tiga pertemuan lagi menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay. Untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar siswa maka data tersebut dianalisis dengan memperhatikan indikator motivasi belajar siswa sebelum tindakan dengan sesudah tindakan dengan menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay. Berdasarkan hasil analisis data dari observasi didapatkan data sebelum tindakan = 0% , dan sesudah tindakan diperoleh data pada siklus I = 40% , siklus II = 60% dan siklus III = 90% , analisis ketuntasan tiap indikator diperoleh data sebagai berikut: rata-rata ketuntasan perindikator sebelum tindakan yaitu: indikator 1 = 70,0%, indikator 2 = 60,0%, indikator 3 = 46,7%, indikator 4 = 73,3%, indikator 5 = 53,3%, indikator 6 = 48,3%, indikator 7 = 43,3%, indikator 8 = 46,7%, indikator 9 = 45,0%, dan indikator 10 = 61,7% dan rata-rata ketuntasan perindikator setelah tindakan pada siklus III yaitu: indikator 1 = 100%, indikator 2 = 98,3%, indikator 3 = 91,7%, indikator 4 = 98,3%, indikator 5 = 96,7%, indikator 6 = 78,3%, indikator 7 = 78,3%, indikator 8 = 75,0%, indikator 9 = 73,3%, dan indikator 10 = 100%, diambil kesimpulan yaitu terjadi peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII.2 melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay di SMPN 17 Siak Kecamatan Dayun Kabupaten Siak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 02 Oct 2017 02:55 |
Last Modified: | 02 Oct 2017 02:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11393 |
Actions (login required)
View Item |