Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM KUALU NENAS KEC. TAMBANG

Dewi Susilawati (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM KUALU NENAS KEC. TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010255PMT.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas V MI Darussalam Kualu Nenas dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Darussalam Kualu Nenas tahun ajaran 2008/ 2009 dengan jumlah peserta didik sebanyak 11 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus teridri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleki. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas V MI Darussalam Kualu Nenas pada materi pokok pecahan. Rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase ketercapaian KKMnya 27%, sedangkan hasil belajar peserta didik setelah tindakan dikategorikan baik dengan persentase ketercapaian KKM sebesar 91%, dengan kategori keberhasilan 100% dari jumlah peserta didik, artinya seluruh peserta didik telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 75%). Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dalam pelajaran matematika kelas V MI Darussalam Kualu Nenas dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Sep 2017 02:24
Last Modified: 11 Sep 2017 02:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11244

Actions (login required)

View Item View Item