Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN POLSEK PUJUD DALAM MENGANTISIPASI TINDAK KRIMINALITAS DIKALANGAN REMAJA DESA TELUK NAYANG KECAMATAN PUJUD KABUPATEN ROKAN HILIR DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM

Umi Haini (2010) PERANAN POLSEK PUJUD DALAM MENGANTISIPASI TINDAK KRIMINALITAS DIKALANGAN REMAJA DESA TELUK NAYANG KECAMATAN PUJUD KABUPATEN ROKAN HILIR DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201081JS.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: “PERANAN POLSEK PUJUD DALAM MENGANTISIPASI TINDAK KRIMINALITAS DIKALANGAN REMAJA DESA TELUK NAYANG KECAMATAN PUJUD KABUPATEN ROKAN HILIR DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM”. Adapun penulisan skripsi ini berlatar belakang dari tindak kriminalitas yang dilakukan remaja yang terjadi di Desa Teluk Nayang Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir yang sering meresahkan warga setempat, hingga menggugah pihak Polsek untuk mengatasi tindak kriminalitas tersebut, yaitu dengan melaksanakan tugas dan peranannya sebagai kepolisian yang dibantu oleh Pemerintah Desa dan pemuka masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam mengatasi tindak kriminalitas dikalangan remaja. Dalam penulisan skripsi ini penulis mengangkat beberapa pokok permasalahan, yakni Peranan Polsek Pujud dalam mengantisipasi tindak kriminalitas dikalangan remaja desa Teluk Nayang Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir, Respon remaja terhadap upaya antisipasi tindak kriminalitas yang dilakukan Polsek Pujud dan Pandangan hukum Islam terhadap peranan Polsek Pujud dalam mengantisipasi tindak kriminalitas dikalangan remaja. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Desa Teluk Nayang Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui angket, wawancara dan observasi sebagai data primer yang dihimpun dari pihak Polsek Pujud dan remaja. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari angket yang disebarkan kepada remaja dan dari perpustakaan dengan cara memperhatikan dan mengkaji buku-buku yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Setelah data tersebut diperoleh, lalu dianalisa dengan menggunakan teknik deskriptif analitik. Melalui angket, wawancara dan observasi di lapangan dengan responden, diperoleh jawaban-jawaban bahwa Polsek Pujud di sini berperan dalam mengatasi tindak kriminalitas dikalangan remaja. Setelah mengetahui permasalahan yang ada, maka penulis meninjau dalam pandangan Hukum Islam dengan menampilkan nashnash al-Qur’an dan hadits untuk mempertegas kesimpulan yang ditarik. Dari uraian-uraian yang disajikan dan dari berbagai tinjauan, maka penulis memperoleh jawaban bahwa kebijakan yang dibuat oleh Polsek Pujud sudah oktimal dan sudah menjalankan peranannya sebagai Polsek. Tetapi realita yang terjadi masih banyak remaja yang melakukan tindakan kriminal, ini disebabkan karena faktor pendidikan, keluarga dan pergaulan. Sedangkan pihak Polsek Pujud sebagai aparat penegak hukum yang bertanggung jawab atas ketertiban umum, keselamatan dan keamanan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 08 Sep 2017 04:19
Last Modified: 08 Sep 2017 04:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11229

Actions (login required)

View Item View Item