Zaidah (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TARI BAMBU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII2 MTs THAMRIN YAHYA MUARA RUMBAI ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_2010221PMT.pdf Download (708kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII2 MTs Thamrin Yahya Muara Rumbai setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif teknik Tari Bambu dalam pokok bahsan garis singgung lingkaran. Teknik pembelajaran Tari Bambu adalah teknik dari pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda secara teratur. Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di MTs Thamrin Yahya Muara Rumbai dan hasil wawancara dari salah seorang guru yang mengajar di kelas VIII2, bahwa motivasi belajar matematika siswa masih rendah. Untuk itu, penulis tertarik untuk mencari solusi sehingga diharapkan motivasi belajar siswa meningkat. Rumusan masalah masalah pada penelitian ini adalah “Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Tari Bambu dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII2 MTs Thamri Yahya Muara Rumbai pada pokok bahasan garis singgung lingkaran ?.” Penelitian ini diawali dengan pertemuan awal (tanpa tindakan) dan 4 siklus (penerapan). Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu : satu kali pertemuan sebelum tindakan peneliti mengadakan observasi awal pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan mengisi lembar observasi motivasi, selanjutnya peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik Tari Bambu dalam proses pembelajaran serta mengamati perkembangan motivasi siswa dengan mengisi lembar observasi. Data motivasi belajar sebelum dan sesudah penerapan dianalisis dengan menggunakan rumus statistic yaitu uji statistik Chi Kuadrat dengan rumus 2 χ = ∑ − fh ( fo fh) 2 . Dari analisis data diperoleh harga Chi kuadrat ( χ 2 ) = 51,692, dan berkonsultasi dengan harga kritik Chi Kuadrat dengan df = 2 sehingga diperoleh harga Chi Kuadrat pada taraf signifikan 5% = 5,99 dan pada taraf signifikan 1% = 9,21 ini jelas bahwa harga Chi Kuadrat lebih besar dari pada harga kritik, baik pada tarf signifikan 5% maupun tarf 1%. Dengan demikian dapt disimpulkan bahwa penerapn model pembelajaran kooperatif teknik Tari Bambu dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII2 MTs Thamrin Yahya Muara Rumbi Rohul pada pokok bahasan garis singgung lingkaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 04:04 |
Last Modified: | 08 Sep 2017 04:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11222 |
Actions (login required)
View Item |