Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KECAMATAN SIAK HULU KAMPAR

Septi Nuryahni (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KECAMATAN SIAK HULU KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010179PMT.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode make a match dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kecamatan Siak Hulu Kampar khususnya pada pokok bahasan Segiempat dan Segitiga. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode make a match dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kecamatan Siak Hulu Kampar pada pokok bahasan Segiempat dan Segitiga?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu berkolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Kecamatan Siak Hulu Kampar yang berjumlah 29 orang dan objek penelitian ini adalah pemahaman matematika siswa dan penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode make a match. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes di akhir pembelajaran. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, hasil tes tersebut diberi skor berdasarkan indikator pemahaman konsep dan dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan pemahaman matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Kecamatan Siak Hulu Kampar pada pokok bahasan Segiempat dan Segitiga melalui penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Make A Match. Peningkatan yang tertinggi terjadi pada tindakan yang menggunakan langkah-langkah pada RPP III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Sep 2017 08:55
Last Modified: 07 Sep 2017 08:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11178

Actions (login required)

View Item View Item