Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGALAMAN, KOMITMEN PROFESSIONAL, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP SENSITIVITAS ETIKA AUDITOR PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI PEKANBARU

Lisa Nopriati (2010) PENGARUH PENGALAMAN, KOMITMEN PROFESSIONAL, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP SENSITIVITAS ETIKA AUDITOR PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010390AKN.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pengalaman, komitmen profesional dan komitmen organisasi terhadap sensitivitas etika auditor. Sampel penelitian ini adalah auditor yang berada pada Kantor Akuntan Publik di daerah Pekanbaru. Data diperoleh dengan menggunakan teknik Cross Section Data, yaitu data yang dikumpulkan pada satu waktu yang dikumpulkan dengan metode kuesioner. Data yang diolah sebanyak 31 responden. Kuesioner didesain untuk memperoleh data terhadap 4 variabel penelitian yaitu: pengalaman, komitmen profesional, komitmen organisasi, dan sensitivitas etika.Untuk menguji hipotesis dan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dilakukan dengan uji t dan untuk mengetahui kontribusi pengaruh dari semua variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikat dilakukan dengan uji koefisien determinasi (R 2 ). Dari hasil penelitian terbukti bahwa pengalaman, komitmen profesional dan komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap sensitivitas etika auditor, dengan melihat dari hasil print out program SPSS diperoleh t-hitung 2,222 > t-tabel 2,051 untuk variabel pengalaman, t-hitung 2,138 > t-tabel 2,051 untuk variabel komitmen profesional, dan t-hitung 2,331 > t-tabel 2,051 untuk variabel komitmen organisasi. Dari hasil pengolahan data juga diperoleh r sebesar 0,631 dan r squared sebesar 0,398 atau 39,8%. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 39,8% sensitivitas etika dapat dijelaskan oleh pengalaman auditor, komitmen profesional, dan komitmen organisasi. Sedangkan sisanya sebesar 62,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi para auditor untuk mempertahankan serta meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam pemberian jasanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 05 Sep 2017 02:26
Last Modified: 05 Sep 2017 02:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11069

Actions (login required)

View Item View Item