Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECENDERUNGAN TERJADINYA KECURANGAN AKUNTANSI : STUDI PADA PERUSAHAAN DEVELOPER DI KOTA PEKANBARU

Rozi Efendi (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECENDERUNGAN TERJADINYA KECURANGAN AKUNTANSI : STUDI PADA PERUSAHAAN DEVELOPER DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010382AKN.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris faktorfaktor yang mempengaruhi kecenderungan terjadinya kecurangan akuntansi. Faktorfaktor tersebut adalah keefektifan pengendalian internal, kesesuaian kompensasi, ketaatan aturan akuntansi dan informasi asimetri sekaligus merupakan sebagai variabel independen terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi sebagai variabel dependen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 35 perusahaan sektor developer di Kota Pekanbaru, sedangkan sampel penelitian adalah manajemen/staf keuangan yang terdapat pada perusahaan developer tersebut. Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan metode enter, hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa terdapat dua variabel independen yang berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu keefektifan pengendalian internal dan kesesuaian kompensasi karena t tabel < t hitung dengan signifikansi probabilitas < 0,05 maka H 1 dan H diterima. Sedangkan dua variabel lainnya yaitu ketaatan aturan akuntansi dan informasi asimetri tidak berpengaruh terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi karena t tabel > t hitung dengan signifikansi probabilitas > 0,05 maka H 3 dan H 4 2 ditolak. Sedangkan hasil regresi secara simultan menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel dependen dipengaruhi oleh variabel independen karena F hitung sebesar 10,193 > F tabel sebesar 4,139, dengan nilai signifikansi probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 maka H DITERIMA. Nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa hanya 59,3% variabel 5 kecenderungan kecurangan akuntansi dipengaruhi oleh pengendalian internal, kesesuaian kompensasi, ketaatan aturan akuntansi, dan informasi asimetri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 05 Sep 2017 02:24
Last Modified: 05 Sep 2017 02:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11067

Actions (login required)

View Item View Item