Nursiah Hasanah (2010) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ACARA BURSA NIAGA DI RIAU TELEVISI DALAM MEMIKAT PEMIRSA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_2010119KOM.pdf Download (471kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan media komunikasi saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat, hal ini ditandai dengan banyaknya bermunculan berbagai macam media komunikasi, baik dalam bentuk media elektronik maupun media cetak. Media ini juga banyak mempengaruhi sistem-sistem dalam kehidupan masyarakat yang semakin dirasakan peranannya oleh seluruh kalangan masyarakat. Media-media komunikasi massa pada saat ini, dituntut saling membenahi diri ditengah ketatnya persaingan bisnis media, demikian juga dengan media televisi. Para pengelola televisi belomba-lomba meningkatkan kualitas siarannya untuk mempengaruhi pemirsa agar lebih tertarik dan lebih memilih media mereka. Riau Televisi sebagai salah satu stasiun televisi di Provinsi Riau saat ini harus terus berlomba membuat program acara yang dapat menarik perhatian/memikat pemirsa. Selama mengudara Riau Televisi telah beberapa kali melakukan perubahan acara guna meningkatkan kualitas dari program Riau Televisi itu sendiri. Salah satu usaha yang dilakukan saat ini ialah menghadirkan Acara Bursa Niaga. Program ini diharapkan dapat memikat pemirsa dan memberi keuntungan bagi Riau Televisi. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana Strategi komunikasi pemasaran program Acara Bursa Niaga di Riau Televisi dalam memikat pemirsa. Kegunaan penelitian secara teoritis adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berpikir melalui penulisan karya ilmiah serta melatih penulis menerapkan teori-teori yang didapat selama perkuliahan. Secara praktis kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan bagi Manajemen Program Bursa Niaga dalam memasarkan Program Bursa Niaga untuk memikat pemirsa. Dan sebagai tugas akhir untuk mendapatkan gelar sarjana S1 Jurusan Ilmu Komunikasi konsentrasi Broadcasting pada Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Metode penelitian yang digunakan dalam analisis data adalah Metode Deskriptif Kualitatif yaitu menganalisa prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori komunikasi pemasaran (Morissan, 2005: 161) yaitu, memperhatikan Segmentasi Pemirsa, Price, Sales Promotions, Target Market, Product Line dan Positioning. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Manajemen Program Bursa Niaga menggunakan strategi komunikasi pemasaran untuk memikat pemirsa. Usaha ini dianggap cukup berhasil, hal ini dapat dilihat dari banyaknya apresiasi masyarakat dalam mengukuti acara ini. Tidak kurang dari 300 pemirsa atau penelpon yang setia berpartisipasi dalam acara ini, dan juga banyaknya iklan yang masuk dalam program ini. Tetapi di lain pihak keberadaan acara Bursa Niaga tidak luput dari kekurangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 12:15 |
Last Modified: | 04 Sep 2017 12:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11044 |
Actions (login required)
View Item |