Randi Pratama (2010) PROSES PRODUKSI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI TVRI STASIUN RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_2010109KOM.pdf Download (482kB) | Preview |
Abstract
Televisi merupakan media yang dapat mendominasi komunikasi massa, karena sifatnya yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan khalayak. Televisi mempunyai kelebihan dari media massa lainnya yang bersifat audio visual yaitu didengar dan dilihat dan dapat menggambarkan kenyataan. Pada umumnya tujuan utama khalayak menonton televisi adalah untuk memperoleh hiburan, selanjutnya untuk memperoleh informasi. Iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang paling efektif dan paling mudah diterima khalayak, sehingga iklan televisi menjadi primadona media elektronik. Dalam iklan dapat menyajikan pesan-pesan sosial untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi yang disebut iklan layanan masyarakat. Rumusan Masalah, Bagaimana Proses Produksi Iklan Layanan Masyarakat di TVRI Stasiun Riau mulai dari pra produksi, produksi dan pasca produksi dan Faktor apa saja yang menghambat dan mendukung selama proses produksi iklan layanan masyarakat di TVRI Stasiun Riau. Subjek dalam penelitian ini adalah kru yang terlibat dalam Proses Produksi Iklan Layanan Masyarakat di TVRI Stasiun Riau seperti: produser, produser pelaksana, sutradara, scriptwriter, kameramen, editor. Teknik pengambilan data yaitu wawancara ialah penulis melakukan tanya- jawab langsung dengan pimpinan dan kru-kru di TVRI stasiun Riau. Observasi ialah penulis melakukan pengamatan secara langsung. Dokumentasi ialah Pengambilan dan membaca data-data yang ada di TVRI Riau. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai penambah sumber referensi informasi peneliti selanjutnya. Khususnya mahasiswa yang melakukan penelitian Deskriptif Kualitatif mengenai Proses Produksi Iklan Televisi. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori produksi iklan televisi (M.Suyanto, 2005: 171-179) yaitu: tahap pra produksi, tahap produksi dan pasca produksi. Dan teori Ad Coucil (Rhenald Kasali, 2007: 202) yaitu kriteria iklan layanan masyarakat ialah non-komersil, tidak bersifat keagamaan, non- politik, berwawasan nasional, diperuntukkan untuk semua lapisan masyarakat, diajukan oleh organisasi yang telah diakui dan diterima, dapat diiklankan, mempunyai dampak dan kepentingan tinggi sehingga patut memperoleh dukungan media lokal maupun nasional. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Proses produksi iklan layanan masyarakat di TVRI Riau ternyata menggunakan standar tahapan – tahapan proses produksi yang telah berlaku untuk menghasilkan iklan yang mempunyai pesan dan tujuan sosial yang disampaikan kepada khalayak. Serta faktor pendukung, kerjasama tim produksi yang baik dan sarana dan prasarana yang lengkap. Dan faktor penghambat ialah kendala yang datang secara tidak sengaja.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 10:07 |
Last Modified: | 04 Sep 2017 10:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11035 |
Actions (login required)
View Item |