Rismiati (2010) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PRESS RELEASE DI PT. CHEVRON PACIFIC INDONESIA DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_201009KOM.pdf Download (744kB) | Preview |
Abstract
Daerah operasi PT.Chevron Pacific Indonesia (CPI) yang begitu luas dan tersebar dibeberapa daerah, menuntut adanya media yang mampu menjaga hubungan komunikasi yang baik, yaitu komunikasi internal maupun komunikasi eksternal. Guna menginformasikan kegiatan atau aktifitas yang terjadi didalam perusahaan. Kehadiran media baik itu media cetak maupun media elektronik sangat membantu kerja dan tugas para praktisi PR di CPI, penggunaan press release yang diyakini mampu mempengaruhi citra positif perusahaan. Memberikan informasi kepada publik atau masyarakat luas untuk membuka wawasan sekilas tentang CPI, sehingga hal ini menimbulkan ketertarikan bagi penulis untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang efektivitas penggunaan press release di PT Chevron Pacific Indonesia dalam membentuk citra posif. Dengan harapan penelitian ini nantinya dapat dijadikan referensi bagi perusahaan lain. Ketertarikan tersebut penulis rangkum dalam satu pertanyaan yang sekaligus menjadi permasalahan dalam penelitian ini yaintu “Apakah penggunaan press release ini bener-benar efektif dalam membentuk citra positif?” Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan dengan menggunakan metode pengambilan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan metode pengambilan sampel secara purposive sampling, dengan mengambil 5 orang sampel dari 9 orang jumlah populasi keseluruhan, yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Maka hasil penelitian tersebut sesuai dengan teori pers yang dikemukakan oleh Milton, Locke dan Mill (1668) yaitu teori pers libertarian yang mengatakan bahwa pers mempunyai kebebasan yang seluas-luasnya untuk membantu manusia dalam mencari kebenaran. Ini juga didukung denga konsep bahwa pers mampu citra yang positif sebuah yang dikemukakan oleh Afdal (2004). Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian penulis selama 14 hari di PT. Chevron Pacific Indonesia, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan press release sangat efektif dalam dalam membentuk citra positif. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana praktisi PR dapat memberikan informasi kepada masyrakat dengan mudah, seperti: meningkatkan citra positif, sebagai media penyampai informasi, meningkatkan pandangan publik eksternal yang positif terhadap perusahaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 31 Aug 2017 06:49 |
Last Modified: | 31 Aug 2017 06:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10986 |
Actions (login required)
View Item |