Ali Amran (2010) HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADIS DI MTS DARUL ULUM TANDUN KECAMATAN TANDUN KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_2010348PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan adalah suatu bimbingan yang diberikan oleh orang dewasa kepada anak yang belum dewasa untuk mencapai kedewasaan. Dalam konteks yang sama Ki Hajar Dewantara mengatakan, “Pendidikan adalah menuntut segala kekuatan kodrat yang ada pada anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya Belajar merupakan kegiatan pokok dalam pendidikan, dalam perspektif psikologis, belajar merupakan suatu proses perubahan, yaitu perubahan dalam perilaku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Belajar juga berarti suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Berdasarkan batasan masalah adapun rumusan masalah dalam kajian ini dapat diformulasikan sebagai berikut : a. apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah tanya jawab dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di mts darul ulum tandun Kabupaten Rokan Hulu? b. Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran pendidikan Agama Islam di mts darul ulum tandun kabupaten Rokan Hulu? Adapun metode penelitian yang penulis gunakan dalam kajian ini ialah dengan mengadakan eksperimen secara langsung terhadap siswa itu sendiri dengan menggunakan metode ceramah, Tanya jawab pada kelas 2 IPA 1 dan metode diskusi pada kelas 2 IPA 2, setelah data terkumpul lalu diolah dengan menggunakan uji statistik tes “t” atau disebut juga dengan student “t”. Dari penelitian itu penulis menemukan hasil sebagai berikut : Pertama, Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi jauh lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah, Tanya jawab,. Kedua, hasil belajar siswa dengan penggunaan metode diskusi dan metode ceramah,Tanya jawab pada bidang studi pendidikan agama Islam terdapat perbedaan yang signifikan hal ini terlihat setelah diadakan perhitungan data eksperimen tersebut dengan menggunakan uji statistik tes “t” yang ternyata hasilnya harga “to” (t observasi) lebih besar dari harga “tt” (t tabel), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua variable tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 31 Aug 2017 03:05 |
Last Modified: | 31 Aug 2017 03:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10969 |
Actions (login required)
View Item |