Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI SURVEY QUESTION RE-READ QUESTION COMPUTE QUESTION DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS VIII MTsN PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Minarni Eka Sasri (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI SURVEY QUESTION RE-READ QUESTION COMPUTE QUESTION DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS VIII MTsN PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011448.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTsN Padang Mutung melalui penerapan strategi Survey Question Re-Read Question Compute Question dalam model pembelajaran langsung. Adapun rumusan masalahnya adalah” Bagaimanakah Penerapan Strategi Pembelajaran Survey Question Re-Read Question Compute Question dalam Pembelajaran Langung dapat Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika siswa kelas VIII MTsN Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang berkolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIc MTsN Padang Mutung yang berjumlah 19 orang, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Peneliti memberikan tes di akhir pembelajaran. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan tindakan, Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Adapun analis skor ketuntasan yang diperoleh pada pra tindakan secara klasikal adalah 15,78%, sedangkan skor ketuntasan pada siklus I adalah 63,15% dan siklus II adalah 89,74%. Dari data yang dipaparkan ini, dapat disimpulkan bahwasanya penerapan strategi Survey Question Re-Read Question Compute Question dalam model Pembelajaran Langsung dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa khususnya untuk kategori pemecahan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Jan 2016 08:11
Last Modified: 15 Jan 2016 08:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1083

Actions (login required)

View Item View Item