Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Rumah Sakit Umum Daerah Di Bengkalis)

Meriana (2010) ANALISIS PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Rumah Sakit Umum Daerah Di Bengkalis). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010201AKN.pdf

Download (704kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Rumah Sakit Umum Daerah Di Bengkalis yang berlangsung pada bulan April-Mei 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji tentang (1) pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja perusahaan, (2) pengaruh komitmen organisasi sebagai variabel moderating terhadap hubungan partisipasi anggaran dengan kinerja perusahaan. Pengukuran yang digunakan dengan instrument kuesioner, Sampel penelitian ini adalah seluruh manajer atau Kepala Bagian dan Sub Bagian dibawahnya yang ikut berpartisipasi dalam penyusunan anggaran pada Rumah Sakit Umum Daerah Di Bengkalis. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner sebanyak 35, dan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan terdapat 30 kuesioner yang dapat diolah. Data yang diperoleh dianalisis dengan regression analisys dengan menggunakan program SPSS (statistical product servise solution) versi 16. Uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel (Y) Kinerja Perusahaan dan Partisipasi Anggaran dan Komitmen Organisasi (X 1 ,X ) Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa pertama, instrument yang 2 digunakan dalam penelitian ini handal dan valid melalui pengujian validitas dan reliabilitas dengan menggunakan Person Correlation dan Cronbach Alpha. Kedua, distribusi rata-rata jawaban responden adalah normal dilihat dari penyebaran data (titik) pada sumbu diagonal dari grafik P-P Plot of Regression Standardized Residual. Ketiga, uji secara persial (t) variabel Partisipasi Anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan dengan t hitung > t tabel (3,883>1,699) secara keseluruhan Adjusted R menunjukkan Kinerja Perusahaan hanya dipengaruhi sebesar 0,361 (36,1%) sedangkan 0.639 (63,9%) dipengaruhi oleh variabel lain menunjukkan bahwa sangat sedikit pengaruhnya, pada variabel komitmen organisasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja perusahaan, dengan t hitung >t (3,979>1,699) secara keseluruhan Adjusted R 2 tabel menunjukkan kinerja perusahaan dipengaruhi sebesar 0.598 (59,8%) sedangkan 0,402 (40,2%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Aug 2017 02:44
Last Modified: 28 Aug 2017 02:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10822

Actions (login required)

View Item View Item