Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FUNGSI MASJID DALAM PEMBINAAN KEHIDUPAN (STUDI TERHADAP FUNGSI MASJID UNIVERSITI SULTAN ZAINAL ABIDIN DI KUALA TERENGGANU,MALAYSIA)

Muhamad Shefre Bin Mat Delin (2010) FUNGSI MASJID DALAM PEMBINAAN KEHIDUPAN (STUDI TERHADAP FUNGSI MASJID UNIVERSITI SULTAN ZAINAL ABIDIN DI KUALA TERENGGANU,MALAYSIA). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201024PAG.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang penulis angkat dengan judul “ FUNGSI MASJID DALAM PEMBINAAN KEHIDUPAN KEAGAMAAN” (Studi Terhadap Fungsi Masjid Universiti Sultan Zainal Abidin di Kuala Terengganu, Malaysia). Mengkaji fungsi masjid UNISZA dalam pembinaan kehidupan keagamaan dalam usaha mengetahui ajaran Islam di dalam kenyataan hidup sehari-hari dan mengetahui fungsi sebenar tentang masjid dalam perspektif Islam. Permasalahan yang diangkat di dalam penelitian ini adalah bagaimana fungsi masjid UNISZA dalam pembinaan kehidupan keagamaan di Kuala Terengganu, Malaysia. Adakah fungsi-fungsi yang dilaksanakan sekarang masih menyamai dengan fungsi-fungsi masjid pada zaman terdahulu. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan tinjauan kepustakaan yang berlokasi di Kuala Terengganu, Malaysia. Objek bagi penelitian ini adalah fungsi- fungsi masjid UNISZA. Sedangkan yang menjadi subyeknya adalah pembinaan kehidupan keagamaan. Maklumat yang penulis dapat dalam penelitian ini adalah pegawai-pegawai di masjid UNISZA sendiri. Teknik yang digunakan penulis dalam pengumpulan data adalah wawancara atau interview, dokumentasi dan observasi dengan analisa data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Di Masjid UNISZA ini, fungsi-fungsi yang dijalankan oleh pengurus masjid masih mempunyai kesamaan dengan fungsi-fungsi masjid dalam pembinaan kehidupan keagamaan pada zaman terdahulu. Hal ini dapat kita lihat pada aktivitas-aktivitas yang dilakukan dimasjid bahwa setiap hari,minggu dan tahun bisa dikatakan penuh dengan program-program dalam pembinaan kehidupan keagamaan. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan di masjid adalah program prihatin salat seperti qiamullai, mengadakan majlis taklim, majlis musyawarah, seminar, pusat kaderisasi umat, pusat kebudayaan Islam dan lainnya. Semua ini adalah untuk mendidik masyarakat agar meningkatkan ketaqwaan dan mendapat keridhaan Allah SWT dalam kehidupan. Pada kesimpulannya, bahwa fungsi masjid UNISZA dalam pembinaan kehidupan keagamaan di Kuala Terengganu adalah bagus walaupun masih ada beberapa faktor penghambat yang masih wujud tetapi tidak mencacatkan fungsi- fungsi yang dilaksanakan. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas dan program yang dilaksanakan serta kebijakan-kebijakan yang dilakukan dalam menyelesaikan hambatan yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.28 Hubungan Islam dan Agama Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Perbandingan Agama
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 24 Aug 2017 17:27
Last Modified: 24 Aug 2017 17:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10726

Actions (login required)

View Item View Item