Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI PENGURUS BADAN AMIL ZAKAT (BAZ), AUDITOR INDEPENDEN, DAN AUDITOR PENDIDIK TERHADAP EXPOSURE DRAFT (ED) PSAK 109 TAHUN 2008 (Studi Empiris Wilayah Riau)

Nurhayati (2010) PERSEPSI PENGURUS BADAN AMIL ZAKAT (BAZ), AUDITOR INDEPENDEN, DAN AUDITOR PENDIDIK TERHADAP EXPOSURE DRAFT (ED) PSAK 109 TAHUN 2008 (Studi Empiris Wilayah Riau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010166AKN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada pertengahan bulan Juni 2009 hingga pertengahan bulan Juli 2009 dengan sampel penelitian yaitu Pengurus Badan Amil Zakat (BAZ), Akuntan Publik yang bekerja di Kantor Akuntan Publik yang ada di Pekanbaru, serta Akuntan Pendidik di Perguruan Tinggi Negeri yang mendapat gelar Ak di wilayah Riau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empiris perbedaan persepsi antara pengurus Badan Amil Zakat (BAZ), auditor independen, dan auditor pendidik di wilayah provinsi Riau terhadap exposure draft (ED) PSAK 109 Tahun 2008. Adapun variabel pada penelitian ini adalah Pengakuan, Pengukuran, dan Pencatatan pada ED PSAK 109 Tahun 2008. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Penyebaran kuesioner dilakukan langsung oleh peneliti kepada seluruh responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Data diolah dengan menggunakan SPSS versi 16 dengan teknik statistik parametrik Independent Sampel T Test. Dari hasil penelitian dapat disampaikan bahwa terdapat perbedaan persepsi antara pengurus BAZ dengan auditor independen dan auditor pendidik terhadap variabel pengakuan dan pengukuran. Hal ini disebabkan oleh pengurus BAZ menganggap bahwa dana non halal tidak seharusnya ada dalam butir pernyataan pengakuan dan pengukuran pada ED PSAK 109 Tahun 2008. Sedangkan auditor independen dan auditor pendidik menganggap bahwa pengakuan dan pengukuran akuntansi sudah sangat tepat dan harus segera diterapkan oleh seluruh BAZ yang ada di Indonesia, agar terdapat kesamaan atau keseragaman pengakuan dan pengukuran akuntansi zakat dan infaq/sedekah di seluruh Indonesia. Namun, tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada seluruh responden terhadap pencatatan akuntansi pada ED PSAK 109 Tahun 2008, karena mereka menganggap bahwa pencatatan akuntansi yang tercantum dalam ED PSAK 109 Tahun 2008 tersebut sudah sangat tepat dan harus segera diterapkan oleh seluruh BAZ di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 24 Aug 2017 08:52
Last Modified: 24 Aug 2017 08:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10710

Actions (login required)

View Item View Item