Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN KEADILAN DISTRIBUTIF TERHADAP KECENDERUNGAN PENCIPTAAN SENJANGAN ANGGARAN MELALUI KOMITMEN TUJUAN ANGGARAN

Indra Dewi. NS (2010) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN KEADILAN DISTRIBUTIF TERHADAP KECENDERUNGAN PENCIPTAAN SENJANGAN ANGGARAN MELALUI KOMITMEN TUJUAN ANGGARAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010128AKN.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan Swasta di Kabupaten Kuantan Singingi yang berlangsung pada bulan Maret-April 2010. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji partisipasi anggaran, keadilan distributif berpengaruh positif terhadap komitmen tujuan anggaran, untuk menguji partisipasi anggaran, keadilan distributif berpengaruh terhadap senjangan anggaran melalui komitmen tujuan anggaran dan serta menguji komitmen tujuan anggaran berpengaruh negatif terhadap kecenderungan manajer untuk menciptakan senjangan anggaran pada Perusahaan Swasta di Kabupaten Kuantan Singingi. Pengukuran hipotesis di atas tersebut menggunakan instrumen kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis) merupakan peluasan dari Regresi Linier Berganda dengan menggunakan program SPSS versi 11,0. Uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh masing-masing hipotesis tersebut di atas, yaitu partisipasi anggaran, keadilan distributif terhadap kecenderungan penciptaan senjangan anggaran melalu komitmen tujuan anggaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini handal dan valid melalui pengujian validitas dan reliabilitas dengan menggunakan Person Correlation dan Cronbach Alpha. Kedua, distribusi rata-rata jawaban responden adalah normal dilihat dari penyebaran data (titik) pada sumbu diagonal dari grafik P-P Plot of Regression Standardized Residual. Ketiga, pengujian hipotesis parsial pengaruh signifikan variabel independen terhadap variabel dependen dan variabel intervening. Komitmen Tujuan Anggaran tidak berpengaruh dengan variabel partisipasi anggaran. Komitmen Tujuan Anggaran berpengaruh dengan variabel persepsi manajer mengenai keadilan distributif. Senjangan anggaran partisipasi anggaran tidak berpengaruh melalui komitmen tujuan aggaran. Senjangan anggaran keadilan distributif tidak berpengaruh melalui komitmen tujuan anggaran karena pengaruh lungsungnya lebih besar dari pengaruh tidak langsung jadi dapat disimpulkan bahwa hubungan yang sebenarnya adalah hubungan langsung. Penelitian ini membuktikan bahwa variabel komitmen tujuan anggaran mampu mempengaruhi senjangan anggaran secara negatif signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 24 Aug 2017 08:46
Last Modified: 24 Aug 2017 08:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10703

Actions (login required)

View Item View Item