Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA GURU MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU

Muhammad Zuhdi (2010) UPAYA GURU MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201006PAI.pdf

Download (786kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MAN 1 Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhi upaya guru meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MAN 1 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ada siswa yang membuat keributan dalam proses pembelajaran, siswa sering keluar masuk sewaktu proses pembelajaran berlangsung, siswa hanya mau belajar ketika akan ujian saja. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu : observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan rumus P = NF × 100 % di mana P = angka persentase, F = frekuensi jawaban responden, N = jumlah total. Hasil dari penelitian ini adalah upaya guru meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MAN 1 Pekanbaru adalah cukup baik dengan persentase 65 % dan faktor-faktor yang mempengaruhi upaya guru meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MAN 1 Pekanbaru yaitu : a) para guru Qur’an Hadits berasal dari keguruan, b) pemberitahuan mengenai hasil belajar, c) pemberian hadiah atau reward terhadap siswa yang aktif dalam belajar, d) penerapan kegiatan hafalan ayat Al-Qur’an dan Hadits.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 24 Aug 2017 05:03
Last Modified: 24 Aug 2017 05:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10674

Actions (login required)

View Item View Item