Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PPH PASAL 21 TERHADAP MOTIVASI DAN KEPUASAN PEGAWAI TETAP PT. RIAU MUDA JASA SARANA PEKANBARU DALAM MEMBAYAR PAJAK

Mesi Arisandi (2010) PENGARUH PENERAPAN PPH PASAL 21 TERHADAP MOTIVASI DAN KEPUASAN PEGAWAI TETAP PT. RIAU MUDA JASA SARANA PEKANBARU DALAM MEMBAYAR PAJAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201066AKN.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk melihat pengaruh penerapan PPh pasal 21 terhadap motivasi dan kepuasan pegawai tetap PT. Riau Muda Jasa Sarana Pekanbaru dalam membayar pajak. Untuk mengukur pengaruh penerapan PPh pasal 21 terhadap motivasi dan kepuasan pegawai tetap PT. Riau Muda Jasa Sarana Pekanbaru, maka yang dijadikan variabel independen adalah penerapan PPh pasal 21 (X). Sedangkan untuk variabel dependen adalah motivasi pegawai tetap (Y1) dan kepuasan pegawai tetap (Y2) dalam membayar pajak. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sensus, yang meliputi seluruh pegawai tetap PT. Riau Muda Jasa Sarana Pekanbaru yang telah memiliki nomor pokok wajib pajak. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi hipotesis, setelah diuji menggunakan SPSS versi 16.0. Hipotesis pertama menyatakan bahwa Penerapan PPh pasal 21 akan berpengaruh positif terhadap motivasi pegawai tetap dalam membayar pajak. Hasil analisis regresi sederhana untuk menguji hipotesis pertama menunjukkan nilai R 2 Adjusted sebesar 0,655 atau sebesar 65,5 % dan nilai ρ-value sebesar 0,000. Nilai R 2 Adjusted sebesar 65,5 % berarti perubahan yang terjadi pada motivasi pegawai dalam membayar pajak 65,5% disebabkan oleh perubahan yang terjadi pada penerapan PPh 21 oleh perusahaan, sementara sisanya sebesar 34,5 % disebabkan oleh faktor-faktorlainnya. Selain itu, ρ-value sebesar 0,000 < 0.05 menunjukkan bahwa penerapan PPh pasal 21 berpengaruh secara signifikan terhadap nilai motivasi pegawai dalam membayar pajak. Hipotesis kedua menyatakan bahwa Penerapan PPh pasal 21 akan berpengaruh positif terhadap kepuasan pegawai tetap dalam membayar pajak. Hasil analisis regresi sederhana untuk menguji hipotesis kedua menunjukkan ρvalue sebesar 0,004 dan R 2 Adjusted sebesar 0,230 atau sebesar 23%. ρ-value sebesar 0,004 < 0.05 yang berarti bahwa penerapan PPh pasal 21 oleh perusahaan akan berpengaruh positif terhadap kepuasan pegawai tetap dalam membayar pajak. Selain itu, nilai R 2 Adjusted sebesar 23 % menunjukkan bahwa perubahan yang terjadi pada kepuasan pegawai dalam membayar pajak 23 % disebabkan oleh perubahan yang terjadi pada penerapan PPh pasal 21, dan sisanya sebesar 77 % disebabkan oleh variabel-variabel lain diluar persamaan regresi misalnya : bonus yang diberikan, Pekerjaan itu sendiri (Work It self), Atasan (Supervision), Promosi (Promotion), Gaji atau Upah (Pay.)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 23 Aug 2017 08:55
Last Modified: 23 Aug 2017 08:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10635

Actions (login required)

View Item View Item