Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PELAYANAN PENERIMAAN PAJAK TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) KANTOR DISPENDA KABUPATEN ROKAN HILIR (STUDI KASUS PENERIMAAN PBB DI KELURAHAN BAGAN HULU KECAMATAN BANGKO KABUPATEN ROKAN HILIR)

Wildani (2010) PENGARUH PELAYANAN PENERIMAAN PAJAK TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) KANTOR DISPENDA KABUPATEN ROKAN HILIR (STUDI KASUS PENERIMAAN PBB DI KELURAHAN BAGAN HULU KECAMATAN BANGKO KABUPATEN ROKAN HILIR). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010137ADN.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada kantor Dispenda Kabupaten Rokan Hilir yang berkedudukan di komp;ek perkantoran di jalan Perniagaan No. 78 Bagansiapiapi Kabupaten Rikan Hilir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel bebas yaitu pelayanan yang terdiri dari reability (X1), responsiveness (X2), Assurance (X3), Empathy (X4), dan tangible (X5) terhadap variabel terikat yaitu partisipasi masyarakat (Y) pada kantor Dispenda Kabupaten Rokan Hilir. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat di kelurahan Bagan Hulu yang berjumlah 2.225 orang. Sampel yang diambil sebagai responden sebanyak 96 (berdasarkan rumus Solvin dengan tingkat kesalahan 10%) yang diambil dengan menggunakan(metode Random Sampling. Dalam menganalisis data yang dikumpulkan digunakan metode deskriptif atau kuantitatif. Kemudian dari hasil analisis penelitian dengan menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis program SPSS menunjukan nilai F hitung sebesar 90,598> dari nilai T table 1,658. maka dapat dinyatakan bahwa hipotesa Ho ditolak Ha diterima. Dengan demikian sisimpulkan bahwa pelayanan mempengaruhi partisipasi masyarakat. Nilai koefesien determinasi (R Square) yang diperoleh dari penelitian sebesar 0,839 yang menunjukan bahwa 83,9% partisifasi masyarakat bisa diterangkan oleh variabel pelayanan x yang terdiri dari reability (X1), responsiveness (X2), Assurance (X3), Empathy (X4), dan tangible (X5). Sedangkan sisanya 0,161% (1-0,839) dapat diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Nilai T hitung untuk variabel pelayanan yang terdiri dari reability(XI) sebesar 0,839 yang menunjukkan bahwa 83,9% pertisipasi masyarakat bisa diterangkan oleh variabel pelayanan (x) yang terdiri dari reability (XI), responsiveness (X2) sebesar - 0,209, assurance (X3) sebesar 6,101, empathy (X4) sebesar 2,067 dan tangible (X5)sebesar 2,923. dari analisa kelima indicator dari variabel pelayanan tersebut dapat dibuktikan bahwa factor assuran (X3) memberi pengaruh yang paling dominant terhadap partisipasi (Y) dibandingkan variabel lainnya. Hal ini sesuai dengan nilai thitung lebih besar dari nilai t table yaitu 1,658.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:45
Last Modified: 23 Aug 2017 04:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10526

Actions (login required)

View Item View Item