Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDUKSI OKSIDASI DI KELAS X MADRASAH ALIYAH BABUNNAJAH KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

Vesty Ayu Mulyeni (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDUKSI OKSIDASI DI KELAS X MADRASAH ALIYAH BABUNNAJAH KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010318PK.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan pembelajaran kimia di Madrasah Aliyah Babunnajah Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar adalah sulitnya siswa memahami materi yang bersifat konsep. Hal ini menyebabkan siswa tidak berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga hasil belajar siswa tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pokok bahasan reaksi reduksi oksidasi yang merupakan materi kimia yang bersifat konsep, di kelas X Madrasah Aliyah Babunnajah. Hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan lembar observasi keaktifan siswa, dokumentasi, wawancara dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dari lembar observasi keaktifan dianalisis dengan menghitung persentase dari keseluruhan indikator yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata seluruh indikator keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata persentase seluruh indikator keaktifan belajar siswa, mulai dari pra tindakan 51,375%, siklus I sebesar 58,25% dan meningkat menjadi 66,75% pada siklus II, hingga pada siklus III meningkat menjadi 73,5%. Keaktifan siswa selama kegiatan belajar mengajar mampu mempengaruhi hasil belajarnya. Hal ini ditunjukkan pencapaian ketuntasan belajar siswa pada siklus II dan III dengan persentase 85%, yang sebelumnya pada pra tindakan hanya mencapai 50% dan siklus I sebesar 70%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 23 Aug 2017 03:53
Last Modified: 23 Aug 2017 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10498

Actions (login required)

View Item View Item