Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THREE STAY ONE STRAY (TSOS) UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DI KELAS XI IPA 2 SMAN I KAMPAR KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Nurliati (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THREE STAY ONE STRAY (TSOS) UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DI KELAS XI IPA 2 SMAN I KAMPAR KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010315PK.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mencapai ketuntasan belajar kimia melalui pembelajaran kooperatif Three Stay One Stray (TSOS). Dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 2 SMA N I Kampar Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 40 orang siswa, yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 27 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan melalui 3 (tiga) siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu (1) Perencanaan, (2) Implementasi atau Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi atau pengamatan, (4) Refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, dokumenter dan test. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa. Dokumenter digunakan untuk memperoleh informasi tentang sejarah sekolah, perkembangan sekolah, keadaan siswa dan guru serta hal-hal yang berhubungan dengan administrasi sekolah. Test digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan, diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif Three Stay One Stray (TSOS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari lembar observasi bahwa aktivitas siswa dari siklus I hingga siklus III mengalami peningkatan yang lebih baik. Untuk ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari siklus I hingga siklus III dimana pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 65 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 50%, untuk siklus II menunjukkan nilai rata rata 72,5 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 82,5% dan siklus III menunjukkan nilai rata-rata 77,5 ketuntasan belajar klasikal 90%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 23 Aug 2017 03:48
Last Modified: 23 Aug 2017 03:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10494

Actions (login required)

View Item View Item