Ahadi (2010) PENGARUH PELAYANAN DESA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DI DESA KELARIK KECAMATAN BUNGURAN UTARA KABUPATEN NATUNA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_201015ADN.pdf Download (620kB) | Preview |
Abstract
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah yang telah membawa perubahan tentang struktur dan tatanan Pemerintah Negara Repulik Indonesi khususnya tentang penyelenggaraan pemerintahan di Daerah dan pemerintahan di Desa . Dimana salah satu tugas pokok dari pemerintahan Desa adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat diantaranya pelayanan tentang administrasi kependudukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelayanan yang diberikan kantor Desa Kelarik Memberikan pengaruh terhadap kepuasan masyarakat, kemudian melihat factor-faktor apa saja yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kelarik yang pernah mendapatkan pelayanan yang berjumlah 452 orang. Berpegang pada prinsip rasionalitas dan untuk mendukung validitas hasil penelitian maka peneliti menggunakan rumus Slovin dengan besaran sampel menjadi 100 orang. Sementara jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuisioner, Observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, dalam hal ini data yang telah terkumpul dikelompokkan menurut jenis data masingmasing kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan dianalisis secara kuantitatif menggunakan rumus Regresi linier Berganda dengan bantuan Program SPSS persi 13. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dengan menggunakan Uji F variabel Pelayanan Desa memiliki hubungan dengan variabel kepuasan masyarakat artinya variabel pelayanan Desa memberikan pengaruh terhadap kepuasan masyarakat untuk pelayanan di Desa Kelarik Kecamatan Bunguran Utara Kabupaten Natuna. Sedangkan dengan menggunakan Uji t diperoleh bahwa variabel Pelyanan Desa memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Berdasarkan nilai perhitungan tersebut maka diperoleh nilai Ditiminasi R 0,125 atau 12,50% jadi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan masyarakat, kesederhanaan dalam pengurusan, keramahan, keterbukaan, keamanan, mengerti apa yang diharapkan pelanggan, kejelasan dan kepastian, efisiensi, ekonomis dan keadilan yang merata adalah 12,50%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara |
Depositing User: | Mr. Muhammad Arif |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 03:10 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 03:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10482 |
Actions (login required)
View Item |