Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS IV DALAM MEMAHAMI SUMBER DAYA ALAM PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DI SD MUHAMMADIYAH 038 AIRTIRIS KECAMATAN KAMPAR

Rati Asmira (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS IV DALAM MEMAHAMI SUMBER DAYA ALAM PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DI SD MUHAMMADIYAH 038 AIRTIRIS KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010246PIPS-E.pdf

Download (779kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas IV dalam memahami sumber daya alam. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV dalam memahami sumber daya alam pada mata pelajaran IPS di SD Muhammadiyah 038 Airtiris Kecamatan Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV tahun pelajaran 2009-2010 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa kelas IV dalam memahami sumber daya alam pada Mata Pelajaran IPS melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Di SD Muhammadiyah 038 Airtiris Kecamatan Kampar. Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Muhammadiyah 038 Air Tiris Kecamatan Kampar. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan bulan April sampai dengan September 2010. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, diketahui dari adanya peningkatan kemampuan siswa kelas IV dalam memahami sumber daya alam dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan kemampuan siswa kelas IV dalam memahami sumber daya alam hanya mencapai rata-rata persentase 52,73%, setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama meningkat menjadi 64,55% atau kemampuan siswa kelas IV dalam memahami sumber daya tergolong “Cukup” karena 64,55% berada pada rentang 56-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 78,18% atau kemampuan siswa kelas IV dalam memahami sumber daya tergolong “Baik” karena 78,18% berada pada rentang 76-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%. Besar peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II adalah 13,64%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV dalam memahami sumber daya alam pada mata pelajaran IPS di SD Muhammadiyah 038 Airtiris Kecamatan Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 23 Aug 2017 02:49
Last Modified: 23 Aug 2017 02:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10475

Actions (login required)

View Item View Item