Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PINJAM PAKAI DI NAGARI TARUNG -TARUNG KECAMATAN RAO MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Perbandingan Antara Suku Minangkabau Dengan Suku Mandailing)

Zulhendri (2010) PELAKSANAAN PINJAM PAKAI DI NAGARI TARUNG -TARUNG KECAMATAN RAO MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Perbandingan Antara Suku Minangkabau Dengan Suku Mandailing). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201056PMH.pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: " PELAKSANAAN PINJAM PAKAI DI NAGARI TARUNG-TARUNG KECAMATAN RAO MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Perbandingan Antara Suku Minangkabau Dengan Suku Mandailing) dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis tentang adanya praktek transaksi pinjam pakai yang dilakukan oleh dua komunitas (suku minangkabau dan suku mandahiling) masyarakat Nagari Tarung-Tarung Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman Sumatera Barat. Dari latar belakang di atas, permasalahan yang diteliti adalah bagaimana pelaksanaan Pinjam Pakai di Nagari Tarung-Tarung, dengan membandingkan pelaksanaan pinjam pakai yang dilakukan oleh masyarakat Suku Minangkabau dengan Suku Mandailing, serta bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap permasalahan praktek pinjam pakai tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research). Adapun metode yang digunakan dalam rangka mengumpulkan, menyusun dan mengolah data dalam penulisan penelitian ini adalah, dengan menentukan lokasi penelitian, subyek dan abyek penelitian, populasi dan sampel, sumber data, metode pengumpulan data, metode penulisan, dan metode analisa data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Pinjam Pakai, bagaimana perbandingan pelaksanaan Pinajam Pakai masyarakat Suku Mandailing dan Minangkabau, serta bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap persoalan tersebut. Dari penelitian ini dihasilkan suatu kesimpulan bahwa praktek Pinjam Pakai yang dilaksanakan oleh masyarakat Nagari Tarung-tarung baik Suku Minangkabau maupun Suku Mandailing mengandung unsur riba. yang dilarang agama Islam. Akan tetapi sebagian kecil dari masyarakat Suku Mandailing dalam praktek- nya tidak bertentangan dengan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.8 Sekte-sekte dalam Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Mazhab dan Hukum
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Aug 2017 06:45
Last Modified: 22 Aug 2017 06:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10453

Actions (login required)

View Item View Item