Gustini (2011) PERMAINAN KARTU BILANGAN SEBAGAI ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MURID KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUDDIN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_201122.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar murid dalam pelajaran matematika kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahuddin Pekanbaru melalui Permainan Kartu Bilangan sebagai Alat Peraga. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahuddin tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah murid sebanyak 32 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar matematika melalui Permainan Kartu Bilangan sebagai Alat Peraga di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahuddin Pekanbaru Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan- tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleki. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan motivasi belajar matematika murid kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahuddin Pekanbaru. Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa melalui Permainan Kartu Bilangan sebagai Alat Peraga dapat meningkatkan motivasi belajar matematika murid kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahuddin Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 15 Jan 2016 03:11 |
Last Modified: | 15 Jan 2016 03:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1034 |
Actions (login required)
View Item |