Marlinda (2012) EFEKTIFITAS LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN DALAM BIDANG BIMBINGAN BELAJAR DI SEKOLAH EFEKTIFITAS LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN DALAM BIDANG BIMBINGAN BELAJAR DI SEKOLAH EFEKTIFITAS LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN DALAM BIDANG BIMBINGAN BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU MENENGAH ATAS (SMA) ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU MENENGAH ATAS (SMA) ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012877.pdf Download (422kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), penyeleggaraan pendidikan di sekolah harus memuat tiga komponen KTSP, yakni mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri. Pengembangan diri dalam hal ini terbagi dua bentuk yaitu ekstrakulikuler dan bimbingan dan konseling. SMA Islam As-Shofa pekanbaru merupakan salah satu sekolah yang telah menyelenggarakan bimbingan dan konseling yang di dalamnya termasuk layanan penempatan dan penyaluran. Layanan penempatan dan penyaluran diberikan kepada siswa untuk membantu siswa agar ditempatkan sesuai dengan bakat, minat serta cita-cita yang mereka miliki. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriftif kualitatif dengan subjek yaitu siswa SMA Islam As-Shofa Pekanbaru kelas XI sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah efektifitas layanan penempatan dan penyaluran dalam bidang bimbingan belajar di SMA Islam As-Shofa Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Islam As-Shofa Pekanbaru kelas XI yang berjumlah 86 yang terdiri dari 3 lokal, karena populasi tidak terlalu banyak maka peneliti menjadikan seluruh populasi sebagai sampel atau disebut juga penelitian populasi. Data dikumpulkan melalui angket dan wawancara. Dalam penganalisisan data, peneliti mengunakan teknik deskriftif kualitatif dan persentase. Berdasarkan penyajian dan analisis data, maka hasil penelitian menunjukkan efektifitas layanan penempatan dan penyaluran dalam bidang bimbingan belajar dikategorikan “Sangat Efektif”, hal ini dibuktikan dari hasil yang diperoleh yaitu 78.06%. Adapun kedala-kendala dalam pelaksanaan layanan penempatan dan penyaluran dalam bidang bimbingan belajaradalah latar belakang pendidikan, pengalaman, fasilitas dan biaya
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 04 Feb 2017 03:45 |
Last Modified: | 04 Feb 2017 03:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10332 |
Actions (login required)
View Item |